Skip to main content

#IniUntukKita [ Wujud Nyata Infrastruktur Negeri ]

 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Jumpa lagi pada postingan saya. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang beberapa pembangunan infrastruktur di Indonesia. Secara umum, pembangunan infrastruktur di Indonesia berjalan dengan baik dan memberikan beragam manfaat. Pembangunan infrastruktur di Indonesia juga mampu memberikan nilai positif dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Akan tetapi, tingkat pembangunan di Indonesia masih tergolong rendah.

Tahukah rekan? Stok pembangunan infrastruktur di Indonesia masih berada di bawah 50 %.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan bahwa stok pembangunan infratrusktur di Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih tergolong cukup rendah dan jauh dari standar global. Berdasarkan data Bappenas diketahui bahwa hingga tahun 2019, stok pembangunan infrastruktur Indonesia sebesar 43 %.

Melihat persentase tersebut, dapat kita ketahui bahwa stok pembangunan infrastruktur di Indonesia masih jauh jika dibandingkan dengan rata-rata stok pembangunan infrastuktur negara lain yang mencapai 70 %. Sedangkan berdasarkan laporan World Economic Forum, tingkat daya saing infrastruktur Indonesia berada pada peringkat 72 dari 140 negara di ASIA. Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat kelima berdasarkan posisi indeks daya saing infrastruktur untuk wilayah ASEAN dan China. Sehingga untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Indonesia perlu melakukan percepatan pembangunan infrasturktur secara masif dan terdistribusi merata.

 

Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur DJPPR Kementerian Keuangan, Brahmantyo Isdijoso mengatakan bahwa kebutuhan dana untuk pembangunan infrastruktur mencapai Rp 6.445 triliun. Sehingga dengan anggaran tersebut Indonesia diharapkan mampu mengejar ketertinggalan dari negara Asia Tenggara.

Dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastruktur, pemerintah melalui DJPPR Kemenkeu menyediakan fasilitas pembiayaan alternatif di luar APBN yaitu KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). KPBU merupakan solusi pembiayaan kreatif dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur serta menjaga keberlanjutan pembangunan. Skema KPBU ini diharapkan mampu berperan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pembangunan sektor prioritas yaitu sektor air minum, transportasi, kesehatan dan persampahan.

Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) merupakan suatu kontrak jangka panjang antara pihak swasta dengan pemerintah dalam rangka penyediaan aset atau layanan publik, dan sesuai dengan kontrak tersebut, pihak swasta menanggung risiko dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan sesuai ketentuan. Berbagai dukungan pemerintah dalam pengembangan KPBU antara lain Project Development Vacility, Viability Gap Fund dan penjaminan infrastruktur.

Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara lain:

1.      Proyek KPBU SPAM Bandar Lampung

 
Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ini merupakan proyek yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air masyarakat kawasan Bandar Lampung. Proyek ini akan menyediakan kebutuhan air minum sebanyak 300.000 jiwa. Selain itu, proyek ini dimanfaatkan untuk instalasi pengolahan air, pembangunan pipa transmisi, reservoir dan pembangunan sebagian jaringan distribusi sistem pemompanan.

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung mampu memasok 750 liter air per detik. Sehinnga, proyek ini dapat meiningkatkan produktivitas dan kualitas kesehatan layanan masyarakat serta mampu mengurangi pengambilan air tanah yang dapat menyebabkan efek negatif bagi lingkungan. Selain itu, pembangunan SPAM ini mampu turut serta dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang memadai di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini.

2.      Proyek KPBU Kawasan Industri Teluk Bintuni, Papua Barat

 
Kawasan Industri Teluk Bintuni merupakan pembangunan kawasan industri yang menyediakan seluruh sarana dan prasarana guna mendukung industri khususnya yang berbasis Gas Alam Cair (LNG). Gas Alam Cair (LNG) akan diolah menjadi methanol yang merupakan bahan baku dari berbagai macam produk kimia. Dengan tersedianya methanol tersebut, diharapkan dapat mengurangi kegiatan impor methanol serta mampu menjaga ketahanan dalam negeri. Selain itu, proyek ini juga diharapkan mampu meciptakan multiplier effect dan mampu mendorong perkembangan pusat ekonomi baru di kawasan tersebut.

3.      Proyek KPBU Preservasi Jalintim Sumsel



Proyek KPBU Preservasi Jalintim Sumsel merupakan proyek pembangunan yang bertujuan untuk mendukung arus transportasi dan logistik di lintas Timur Sumatera. Proyek ini bermanfaat bagi peningkatan kemantapan jalan nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing di padar intersnasional bagi Indonesia. Proyek ini merupakan bagian dari pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan di Kota Palembang. Dengan begitu, proyek ini dapat sepenuhnya mendukung peningkatan perekonomian bagi Indonesia.

Berdasarkan tiga proyek KPBU tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa upaya pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh pemerintah. Melalui berbagai kebijakan yang telah ditentukan, lambat laun pembangunan infrastruktur akan berjalan secara maksimal dan mampu memberikan fasilitas yang memadai bagi masyarakat. Sebagaimana ketiga proyek tersebut, pembangunan infrastrultur yang dilakukan pemerintah memberikan manfaat dan bernilai produktif bagi keberlangsungan kehidupan. Mulai dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang merupakan kebutuhan dasar setiap individu, pembangunan kawasan industri yang mempu menopang perekonomian bangsa, hingga preservasi jalan yang mampu meberikan alternatif dan solusi bagi pertumbuhan ekonomi serta mampu memperlancar pemerataan pembangunan Indonesia. #IniUntukKita – [ Wujud Nyata Infrastruktur Negeri ]
 
Demikian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih atas kunjungan Anda di blog saya.
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat! And see you next post!
Salam kenal dari saya .. Dwi Putri Restuti
 
Info selengkapnya kunjungi Website DJPPR Kemenkeu
 
Sumber Referensi:
Instagram DJPPR Kemenkeu (@djjprkemenkeu)
 
 

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERCOBAAN SACHS PADA DAUN SEPATU (Hibiscus rosasinensis)

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERCOBAAN SACHS PADA DAUN SEPATU ( Hibiscus rosasinensis ) A.     Landasan Teori Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari ( photo artinya cahaya, synthesis artinya proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbon dioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis . Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis ( photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO 2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi.

Teks Islami Dalam Bahasa Inggris

: ALLAH KNOWS EVERYTHING “Sebuah kata yang terus berarti tanpa memandang apa yang ada dan tiada. Rangkaian kata yang kuungkapkan bagai alunan tak bersuara yang mengiringi setiap langkah kehidupanku. Untuk menjadi yang ada di antara ribuan ketiadaan. Menjadi yang pertama atau terus menjadi yang teratas” Pada kesempatan ini saya akan sedikit menyampaikan tentang sebuah teks yang menjadi bagian dari kehidupanku. Sebuah teks yang hadir dan saya temui dalam proses pembelajaran “Bahasa Inggris II”. Teks ini termuat dalam buku karya Drs. Djamaluddin Darwis, M.A. Pada saat itu, Rabu, 18 Oktober 2017 diadakan suatu tes membaca. Tes tersebut diadakan di ruang dosen. Tes dilakukan satu persatu sesuai dengan urutan NIM. Dan tibalah giliranku, pemilik NIM ......................8. Dan pada saat itu pula, saya mendapatkan teks “ CHAPTER V” yang berjudul “ALLAH KNOWS EVERYTHING” . Teks yang memberi berbagai makna. Teks untuk hal positif. Dan tentunya teks yang memberi

Teks Islami Dalam Bahasa Inggris Berjudul "Allah-The God"

Pada kesempatan ini saya akan membahas teks dalam Bahasa Inggris yang berjudul Allah - The God . Berokut teksnya. God is the Lord of the universe. He is the Creator of the universe. He creates the world for us and also creates us in the best form. An Arabic, God is called Allah. Allah is the proper name for the one and only God. Therefore, God is one and Almightly. There is no one like Him and He has no partner, children or parents. He is eternal and knows everything. God is Great as well as Merciful. He is kind and loving and provides us with everything. God sent prophets to guide us, from Adam, the first prophet, to Muhammad, the last prophet. The prophets told us how to thank God and obey Him. They also taught us how to live like good human beings, be happy and successful. Therefore we have to believe in God, thank Him and obey Him . Arti: Tuhan adalah Penguasa alam semesta. Dia adalah Pencipta alam semesta. Dia menciptakan dunia untuk kita dan juga menciptakan kita dal