Skip to main content

Membuka Hati untuk Investasi Indonesia : Cara Menumbuhkan Dukungan Masyarakat terhadap Investasi Asing


Seperti yang telah kita ketahui, investasi memang berhubungan erat dengan uang. Investasi bisa berupa uang dan uang bisa digunakan untuk investasi. Hubungan keduanya sangat erat seperti keeratan hubungan antara manusia dengan uang. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan berbicara tentang investasi sekaligus tentang uang.
Apa itu investasi ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.



Apa itu uang ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.
Setiap kehidupan di muka bumi ini, siapa pun dan di mana pun mereka berada tentu akan membutuhkan uang. Baik untuk keperluan sandang, pangan, maupun papan. Semua itu merupakan kebutuhan dari masing-masing individu. Tidak ada individu di dunia ini yang tidak membutuhkan uang. Dari berbagai kebutuhan tersebut, tentu kita akan berpikir tentang bagaimana memperoleh uang? Bagaimana uang bisa ada di sekitar kita? Bagaimana uang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari kita?
Semua itu dapat kita jawab dengan kata investasi atau penanaman modal. Di Indonesia sendiri, dapat kita temui sebuah lembaga pemerintah yang menangani investasi Indonesia, baik investasi asing maupun investasi yang berasal dari dalam negeri. Lembaga tersebut yaitu BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Peran BKPM bagi investasi di Indonesia sangatlah penting, BKPM layaknya pintu gerbang masuknya investasi ke Indonesia. Hal ini sudah berlangsung sejak dikeluarkannya Undang- Undang No. 1 Tahun 1967 tentang penanaman modal.
Penanaman modal di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007. Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan penanaman modal asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri (Pasal 1 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal).
Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tersebut, muncul banyak investor di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang tersebut jelas bahwa Indonesia memberikan kebebasan kepada investor domestik maupun investor asing untuk menanamkan modalnya dalam melakukan kegiatan usahanya di wilayah Indonesia. Sehingga jelas perusahaan Indonesia diperbolehkan untuk melakukan kerjasama dengan pihak asing dalam mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis.
Semakin banyak investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia, itu berarti dalam sektor industri Indonesia mengalami pertumbuhan. Sehingga semakin luas kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia, serta sedikit demi sedikit mampu mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap negara lain. Dengan adanya kegiatan investasi asing di Indonesia ini, tentu harus diimbangi dengan dukungan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan penanaman modal asing (PMA) lebih banyak mempunyai kelebihan, diantaranya :
1.      Sifatnya jangka panjang.
2.      Banyak memberikan adil (andil) dalam alih teknologi.
3.      Alih keterampilan manajemen.
4.      Membuka lapangan kerja baru.
5.      Meningkatkan perekonomian masyarakat.
Lapangan kerja ini, sangat penting bagi negara yang sedang berkembang mengingat terbatasnya kemampuan pemerintah untuk menyediakan lapangan kerja. Untuk itu dapat kita lakukan upaya untuk menumbuhkan dukungan masyarakat terhadap investasi asing di Indonesia, antara lain :
1.      Melakukan kegiatan sosialisasi.
2.      Mengajak masyarakat untuk berpikir rasional.
3.      Menciptakan sebuah software tentang investasi, baik berupa game berinvestasi, maupun software edukasi tentang investasi asing di Indonesia, sehingga bisa digunakan untuk mempelajari dan mengenal lebih dalam tentang investasi di Indonesia.
4.      Membuka usaha pembuatan atribut bertuliskan kata-kata tentang investasi asing, baik berupa kaos, tas, topi, gelang, jam tangan, maupun syal.
5.      Menerbitkan buku-buku fiksi maupun nonfiksi yang berhubungan dengan investasi asing.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada bagan berikut ini.
               
          
Sehingga dengan adanya upaya-upaya tersebut masyarakat Indonesia akan terdorong untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang kegiatan investasi asing di Indonesia, terlebih kepada para pengusaha Indonesia. Mereka akan memberikan dukungan dengan cara :
1.      Menunjukkan apresiasinya lewat media sosial.
2.      Membuka usaha baru dengan cara membangun hotel, kantor, mendirikan pabrik, maupun membangun perusahaan di berbagai bidang kehidupan.
3.      Bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga dapat menciptakan teknologi-teknologi yang mutakhir.
4.      Senantiasa memberikan inovasi dalam dunia bisnis.
5.      Menumbuhkan rasa kesadaran terhadap kondisi perekonomian di Indonesia.
Dengan terealisasinya dukungan-dukungan dari masyarakat Indonesia, diharapkan investasi asing di Indonesia dapat meningkat. Hal ini juga harus diimbangi dengan sikap dan sifat dari pemerintah Republik Indonesia. Jadi, antara masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama demi terwujudnya cita-cita bersama. Cita-cita untuk menumbuhkan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia ini melalui investasi asing di Indonesia.
Seperti layaknya sebuah pohon yang memerlukan kehadiran daun untuk menjaga keindahannya, sebuah negara juga memerlukan kehadiran rakyat untuk menjaga keindahannya. Yaitu keindahan untuk menjadi negara dengan perekonomian yang tinggi, menjadi negara dengan tingkat kesejahteraan penduduk yang baik, dan menjadi negara dengan investasi yang besar. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia perlu mendukung terselenggaranya investasi asing di Indonesia.


Untuk BKPM Indonesia


Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERCOBAAN SACHS PADA DAUN SEPATU (Hibiscus rosasinensis)

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERCOBAAN SACHS PADA DAUN SEPATU ( Hibiscus rosasinensis ) A.     Landasan Teori Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari ( photo artinya cahaya, synthesis artinya proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbon dioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis . Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis ( photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO 2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi.

Teks Islami Dalam Bahasa Inggris

: ALLAH KNOWS EVERYTHING “Sebuah kata yang terus berarti tanpa memandang apa yang ada dan tiada. Rangkaian kata yang kuungkapkan bagai alunan tak bersuara yang mengiringi setiap langkah kehidupanku. Untuk menjadi yang ada di antara ribuan ketiadaan. Menjadi yang pertama atau terus menjadi yang teratas” Pada kesempatan ini saya akan sedikit menyampaikan tentang sebuah teks yang menjadi bagian dari kehidupanku. Sebuah teks yang hadir dan saya temui dalam proses pembelajaran “Bahasa Inggris II”. Teks ini termuat dalam buku karya Drs. Djamaluddin Darwis, M.A. Pada saat itu, Rabu, 18 Oktober 2017 diadakan suatu tes membaca. Tes tersebut diadakan di ruang dosen. Tes dilakukan satu persatu sesuai dengan urutan NIM. Dan tibalah giliranku, pemilik NIM ......................8. Dan pada saat itu pula, saya mendapatkan teks “ CHAPTER V” yang berjudul “ALLAH KNOWS EVERYTHING” . Teks yang memberi berbagai makna. Teks untuk hal positif. Dan tentunya teks yang memberi

Teks Islami Dalam Bahasa Inggris Berjudul "Allah-The God"

Pada kesempatan ini saya akan membahas teks dalam Bahasa Inggris yang berjudul Allah - The God . Berokut teksnya. God is the Lord of the universe. He is the Creator of the universe. He creates the world for us and also creates us in the best form. An Arabic, God is called Allah. Allah is the proper name for the one and only God. Therefore, God is one and Almightly. There is no one like Him and He has no partner, children or parents. He is eternal and knows everything. God is Great as well as Merciful. He is kind and loving and provides us with everything. God sent prophets to guide us, from Adam, the first prophet, to Muhammad, the last prophet. The prophets told us how to thank God and obey Him. They also taught us how to live like good human beings, be happy and successful. Therefore we have to believe in God, thank Him and obey Him . Arti: Tuhan adalah Penguasa alam semesta. Dia adalah Pencipta alam semesta. Dia menciptakan dunia untuk kita dan juga menciptakan kita dal